Panduan memilih laptop gaming berkualitas tinggi namun terjangkau

TeknoIDN kali ini akan membagikan beberapa tips bermanfaat untuk sobat, yuk simak di bawah ini.


Mau beli laptop gaming? Panduan berikut patut diikuti dengan tips dan trik memilih laptop gaming dengan spek tinggi dan kualitas tinggi namun harga murah. Laptop sekarang menjadi lebih populer dan digunakan. Salah satunya adalah cara bermain game. Kali ini TeknoPlug akan membagikan tips memilih laptop gaming agar kamu bisa mendapatkan laptop gaming yang paling cocok.


Panduan memilih laptop gaming berkualitas tinggi namun terjangkau


Panduan Memilih Laptop Gaming


Laptop gaming adalah perangkat komputasi yang dibuat dan dirancang untuk menjalankan aplikasi game. Namun penggunaan laptop gaming tentunya tidak terbatas pada gaming saja karena pada intinya laptop merupakan perangkat yang dapat digunakan untuk melakukan berbagai tugas, mulai dari tugas sederhana seperti menulis dokumen hingga tugas yang kompleks seperti membuat desain grafis.

Jadi bukan masalah banyak laptop yang dipesan saat ini, seperti laptop yang paling cocok untuk keperluan bisnis. Bahkan, sering sampai pada kesimpulan bahwa semua laptop bagus untuk bermain game. Oleh karena itu, tidak heran jika banyak orang yang menyesal membeli laptop, karena berbagai masalah muncul saat meluncurkan software game, misalnya laptop cepat panas dan mati. Lantas seperti apa laptop gaming yang bagus?


Prinsip memilih laptop gaming terbaik



Laptop gaming yang baik harus (harus) didukung oleh fitur-fitur laptop yang baik. Performa laptop gaming yang baik berarti pengguna akan mendapatkan pengalaman bermain game terbaik dan pengalaman bermain game yang lancar. 

Untuk itu banyak hal yang perlu diperhatikan sebelum membeli laptop gaming, karena jika salah memilih laptop gaming maka akan membuang-buang uang. Memilih laptop gaming bukanlah hal yang mudah. Orang sering berpartisipasi dalam promosi untuk menjual laptop murah. 

Padahal prinsip utama dalam memilih laptop yang baik adalah dengan mempertimbangkan kualitas, performa, performa, grafis, hardware dan software saat menjalankan program gaming di laptop. Harga laptop murah atau mahal memang relatif, katanya harga berbanding lurus dengan kualitasnya. Apa yang perlu Anda ketahui untuk membeli laptop gaming yang tepat?




Bagaimana Memilih Laptop Gaming Berkualitas



Promosi penjualan laptop gaming semakin murah. Contohnya, di banyak tempat belanja online di Indonesia, ada puluhan toko yang menawarkan berbagai laptop gaming dengan harga terjangkau. Tetapi apakah itu memenuhi kebutuhan Anda akan perangkat game yang bagus? Berikut adalah beberapa hal yang perlu dipertimbangkan saat memilih laptop kualitas terbaik.


1. Laptop Baru atau Laptop Bekas ?


Menurut data yang dipublikasikan oleh DataReportal sebagai bagian dari studi bertajuk Digital 2020: A Global Digital Overview, perlu dicatat bahwa jumlah gamers di dunia mencapai lebih dari 60% populasi dunia atau sekitar 3,5 miliar orang. melalui ponsel dan game. laptop. 

Tidak mengherankan, laptop gaming terbaru selalu ditujukan untuk para gamer karena lebih canggih. Namun tentunya harga laptop gaming terbaru dengan spesifikasi mewah selalu sangat tinggi, contohnya laptop gaming Core i7 dengan kecepatan hingga 4.0 Gbps, SSD RAM 16 GB, RAM 8 GB VGA 256 GB harganya belasan atau lebih. bahkan puluhan juta.

 Solusinya, Anda perlu lebih menghemat waktu, atau justru memilih laptop gaming. Laptop gaming yang dirilis tidak jauh berbeda dengan laptop baru yang mampu menjalankan game hebat. Anda bisa mengupgradenya untuk mendapatkan kualitas yang sama dengan laptop gaming terbaru. Tentunya laptop gaming bekas lebih murah dibandingkan dengan yang baru. Namun saat memilih laptop gaming kedua, tentunya harus juga diperhatikan karakteristiknya.


 Baca juga  - Ternyata Ponsel Paling Laris di Dunia Bukan Xiami atau Oppo



2. Harga laptop


Merek laptop gaming telah berkontribusi pada nilai pasar laptop. Tergantung mereknya, Anda bisa membeli laptop gaming murah atau sangat mahal. Saat ini banyak sekali merek-merek laptop gaming papan atas mulai dari harga dibawah 20 jutaan hingga laptop gaming termahal seharga ratusan juta rupiah. 

Misalnya, laptop gaming Lenovo harganya lebih murah dari laptop ASUS ROG (dengan spesifikasi serupa) atau laptop gaming HP. Laptop gaming Intel Lenovo Legion memiliki harga mulai dari 11 juta  dan memiliki prosesor yang sama dengan ASUS ROG yang harganya 16-17 juta . Tetapi jika Anda benar-benar menginginkan produk ASUS, laptop gaming AMD ASUS sangat murah.



3. Memilih prosesor yang bagus untuk laptop gaming


Sebelum membeli laptop gaming, Anda harus memahami bahwa prosesor adalah perangkat yang paling penting untuk dipertimbangkan saat memilih laptop gaming. Prosesor sangat mempengaruhi kemampuan dalam menjalankan tugas dan aktivitas di laptop dan smartphone. Untuk mendapatkan performa terbaik, solusinya adalah dengan memilih laptop dengan spesifikasi prosesor yang tinggi. Penjelasannya adalah sebagai berikut.

 1. Jumlah Core Pada CPU Laptop Game

Core atau tapak inti dari prosesor berdampak besar pada daya komputasi dan performa laptop secara keseluruhan saat bermain game. Terkadang orang salah memilih prosesor game terbaik, percaya bahwa game berjalan mulus dengan jumlah core yang banyak. Namun, ini tidak selalu terjadi karena hal ini juga dipengaruhi oleh overclocking.


2. Peningkatan kecepatan operasi dan kecepatan pemrosesan saat bermain game

kecepatan pemrosesan laptop dinyatakan dalam satuan GHz. Sedangkan overclocking adalah kecepatan pemrosesan maksimal pada temperatur tertinggi. Laptop yang dilengkapi dengan prosesor overclocking suhu tinggi adalah laptop gaming yang bagus.


3. Suhu dan Pendingin Processor Laptop Gaming

Pendinginan prosesor biasanya dilakukan dalam bentuk kipas. Namun ada juga perusahaan yang menambahkan perlengkapan pendingin tambahan pada prosesor. Fungsi pendingin CPU adalah untuk menjaga suhu dan pendinginan saat CPU menjalankan perintah. Pemilihan kipas CPU untuk laptop gaming memengaruhi suhu dan kecepatan pemrosesan. Saat suhu naik dan kinerja pendingin sangat terbatas, laptop cepat panas dan membeku. Hal ini sering terjadi ketika karakteristik prosesor dan karakteristik laptop biasa-biasa saja, tetapi game tetap dipaksakan, karena itu grafis lag dan pecah, game menjadi lambat.

Prosesor yang paling direkomendasikan untuk laptop gaming adalah prosesor AMD dan Intel. Hal ini dikarenakan Intel dan AMD memiliki keunggulan yang berbeda dibanding prosesor laptop lainnya. Notebook dengan prosesor Intel memiliki performa dan efisiensi yang baik, serta lebih tahan panas, sehingga Anda bisa bermain game sekaligus. Laptop gaming Intel yang bagus bisa dipilih minimal Core-i5 hingga Core-i7 terbaru dengan clock speed minimal 3 GHz atau lebih tinggi. Apakah laptop Intel mahal? Anda bisa memilih laptop yang lebih murah yaitu laptop AMD. Laptop dengan prosesor AMD memiliki keunggulan grafis dan lebih murah dibandingkan laptop Intel. Laptop gaming AMD yang direkomendasikan berkisar dari AMD Ryzen 5 hingga Ryzen 7 generasi terbaru.


4. Pilih RAM Laptop yang Tepat untuk Gaming

RAM (Random Access Memory) adalah salah satu karakteristik kinerja terpenting di samping CPU. RAM berfungsi sebagai memori/penyimpanan untuk aplikasi di laptop dan berdampak besar pada kemampuan laptop untuk melakukan banyak tugas. Jika Anda ingin mendapatkan laptop untuk bermain game ringan seperti Solitaire atau Age of Empires I-IV, pilih saja laptop gaming dengan RAM 2GB dan 4GB.

Namun, jangan memaksakan diri untuk memainkan game-game berat seperti Football Manager atau GTA 5 di laptop dengan kapasitas RAM sebesar itu, karena jika tidak laptop akan crash. Jika Anda menggunakan laptop untuk bermain game berat, sebaiknya beli laptop gaming dengan RAM 16-32GB. Laptop gaming terbaru dan paling menuntut saat ini dilengkapi dengan DDR5 yang harganya sangat mahal. Tapi yang jelas, Call Of Duty. Untuk memainkan game berat seperti Black Ops dan Fortnite dengan harga lebih murah, Anda harus menggunakan RAM laptop DDR4. Pastikan juga Anda melakukan upgrade laptop dengan memilih laptop gaming yang slot RAM-nya lebih dari satu agar RAM bisa selalu ditambah jika dibutuhkan.


5. Pilih kartu grafis yang tepat untuk laptop gaming Anda

Kualitas grafis adalah salah satu ciri utama laptop gaming. Oleh karena itu, sebuah laptop gaming tentunya harus memiliki unit pengolah grafis (GPU/graphics processing unit) dan kartu VGA (video graphics card atau kartu grafis). Fungsinya untuk mengubah sinyal digital menjadi gambar berupa gambar di layar komputer. Kartu grafis adalah spesifikasi wajib yang harus dimiliki komputer laptop untuk menjalankan perangkat lunak desain grafis seperti Corel Draw.

Untuk pengalaman bermain game dengan kualitas grafis terbaik, pilih laptop VGA dengan pemrosesan grafis yang kuat Biasanya, GPU laptop modern terdiri dari grafis terintegrasi (sudah terintegrasi atau terpasang di laptop) dan VGA eksternal.

Namun jika Anda menginginkan laptop dengan kualitas grafis yang bagus, rekomendasi laptop terbaik untuk gaming adalah yang berkapasitas minimal 4GB dan VGA yang bisa diupgrade. Misalnya membeli laptop gaming NVidia GTX 1080. Jika harganya terkesan tinggi, pilihannya adalah membeli laptop gaming AMD Radeon RX yang lebih murah.


6. Memilih hard drive portabel yang tepat untuk game

Syarat penting lainnya agar sebuah laptop menjadi laptop gaming yang baik adalah kapasitas penyimpanannya. Menyimpan file besar, seperti file game, membutuhkan banyak ruang disk. Jika hard drive hanya berkapasitas sedang, mereka khawatir laptop akan membutuhkan lebih banyak waktu untuk membaca dan memproses data.

Laptop gaming terbaru biasanya memiliki solid state drive (SSD) internal. Keunggulan harddisk jenis SSD ini adalah kecepatan membaca dan memuat data. Namun tentunya laptop gaming SSD ini harganya lebih mahal. Untuk memilih hard drive laptop yang bagus tapi murah untuk gaming, Anda harus memilih model hard drive (HDD) laptop. Memang, kecepatan unggah data lebih lambat dari SSD, tetapi Anda masih bisa mengandalkannya untuk menyimpan file berukuran besar.


Baca juga  - Ternyata Ponsel Paling Laris di Dunia Bukan Xiami atau Oppo



7. Pilih baterai terbaik untuk laptop gaming Anda

Tips terakhir yang harus diperhatikan sebelum membeli laptop gaming adalah baterai laptop. Baterai yang bagus untuk sebuah laptop gaming mampu memberikan kapasitas yang tinggi, tahan lama, efisien dan tentunya aman. Nah, cara memilih baterai laptop yang baik agar tahan lama dalam game adalah laptop yang menggunakan baterai lithium-ion (Li-ion).



Panduan memilih laptop gaming berkualitas tinggi namun terjangkau


Jangan Salah Pilih Laptop Gaming


Terakhir, untuk memudahkan dalam memilih laptop yang berkualitas, ada baiknya Anda memahami hal-hal berikut ini. Memilih laptop gaming bekas tidak menjadi masalah asalkan spesifikasinya memenuhi persyaratan. Saat mencari pengalaman bermain game terbaik, spesifikasi laptop sangat mempengaruhi kinerja, kinerja, dan kualitas laptop. Semakin tinggi spesifikasi laptop maka semakin bagus kualitasnya. Mulai dari laptop gaming murah hingga laptop gaming termahal, Anda bisa memilih laptop terbaik di berbagai rentang harga. Nah, itulah panduan memilih laptop gaming berkualitas, murah, dan berkualitas. Kenapa mau beli laptop mahal kalau punya laptop gaming murah tapi berkualitas?


Demikian informasi yang dibagikan oleh TeknoIDN, semoga bermanfaat bagi teman-teman.

0 Response to "Panduan memilih laptop gaming berkualitas tinggi namun terjangkau"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel