5 Tips Ampuh untuk Mengatasi Mata Merah

TeknoIDN kali ini akan membagikan beberapa tips bermanfaat untuk sobat, yuk simak di bawah ini.


Kemerahan pada bagian putih mata adalah kondisi yang umum terjadi dan disebut juga mata merah.
Berita baiknya, jika tidak ada gejala lain yang menyertai, kondisi ini umumnya menunjukkan gangguan mata yang ringan. Oleh karena itu, kondisi ini masih dapat diatasi di rumah dengan perawatan sederhana.

5 Tips Ampuh untuk Mengatasi Mata Merah




Ada beberapa penyebab mata merah, antara lain:

1. Alergi
Mata merah dapat terjadi ketika mata bereaksi terhadap alergen atau zat penyebab alergi, seperti debu atau bulu hewan, yang menyebabkan pelepasan zat histamin oleh jaringan mata.

2. Blefaritis
Blefaritis adalah kondisi umum yang menyebabkan kelopak mata menjadi merah, bengkak, iritasi, dan gatal. Kondisi ini juga dapat menyebabkan serpihan seperti ketombe pada bulu mata. Blefaritis tidak menular dan umumnya tidak menyebabkan kerusakan permanen pada mata. Kondisi ini terjadi ketika kelenjar minyak kecil di dalam kelopak mata mengalami peradangan.

3. Konjungtivitis (Mata Merah Muda)
Konjungtivitis adalah peradangan pada konjungtiva, yaitu jaringan bening yang melapisi bagian dalam kelopak mata dan lapisan luar mata. Konjungtivitis dapat terjadi akibat infeksi virus, bakteri, alergen, atau penyebab lainnya.

4. Mata Kering
Mata merah juga dapat disebabkan oleh mata kering, yaitu kondisi ketika kelenjar air mata tidak menghasilkan cukup air mata. Hal ini dapat membuat mata terasa kering, iritasi, dan terlihat merah. Beberapa faktor pemicu mata kering meliputi penggunaan lensa kontak terlalu lama, cuaca panas, dan berangin. Namun, pada kasus yang serius, mata kering juga dapat terjadi akibat penyakit tertentu seperti Sjorgren, rheumatoid arthritis, dan lupus.

5. Mata Kelelahan
Terlalu lama bekerja di depan layar komputer dapat menyebabkan mata lelah, yang dapat membuat mata terasa kering atau berair terus-menerus. Mata lelah juga seringkali disertai dengan sakit kepala. Kurangnya berkedip saat bekerja di depan layar komputer dapat menjadi salah satu penyebab mata lelah.

Jika mata merah tidak disertai dengan gejala lain, kondisi ini dapat diatasi dengan perawatan sederhana di rumah. Berikut ini adalah beberapa cara yang dapat anda lakukan untuk mengatasinya:

1. Kompreslah mata yang merah dengan menggunakan kompres dingin dan hangat secara bergantian selama 3 hingga 5 menit.

2. Hindari penggunaan riasan mata selama mengalami mata merah, dan pastikan untuk membersihkan riasan mata dengan cara yang tepat.

3. Jangan menggaruk mata merah. Jika mata terasa gatal dan tidak nyaman, segera periksakan ke dokter.

4. Hindari penggunaan lensa kontak saat mengalami mata merah. Pastikan untuk mencuci tangan sebelum menggunakan atau melepas lensa kontak, dan periksa keadaan cairan penyimpan lensa kontak.

5. Istirahatkan mata dengan menghindari penggunaan gadget dan dengan memejamkan mata. Perhatikan juga pola makan yang sehat dengan mengonsumsi makanan yang mengandung nutrisi yang baik untuk mata.

Selain itu, hindari merokok karena asap rokok dapat memicu mata merah. Terdapat juga beberapa obat sakit mata yang dapat digunakan tanpa resep dokter, tergantung pada penyebabnya."



Demikian informasi yang dibagikan oleh TeknoIDN, semoga bermanfaat bagi teman-teman.

0 Response to "5 Tips Ampuh untuk Mengatasi Mata Merah"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel